1. Pengertian SEO
2. Cara Kerja SEO
3. Kata Kunci pada SEO
4. Strategi Membuat SEO
5. SEO on Page & SEO off Page
6. Manfaat SEO Secara Umum pada Website
2. Cara Kerja SEO
3. Kata Kunci pada SEO
4. Strategi Membuat SEO
5. SEO on Page & SEO off Page
6. Manfaat SEO Secara Umum pada Website
Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat utama di hasil pencarian search engine . Apa yang dioptimalkan? Website dan visibilitasnya di dunia internet. Meski SEO merujuk pada frasa, namun sebenarnya yang disesuaikan dan dioptimalkan adalah website-nya, agar isi dan struktur web sesuai dengan kemampuan dan aturan algoritma mesin pencari.
1. Danny Sullivan
Pengertian seo menurut Danny Sullivan adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.
2. Neil Patel
Pengertian SEO menurut Neil Patel adalah sebuah seni untuk memahami mesin pencari (search engine) dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah situs/website memiliki peringkat lebih tinggi pada search engine.
3. Dax Herrera
Misi Google adalah mengorganisir seluruh informasi dari seluruh dunia dan membuatnya mudah di akses dan bermanfaat.
Sedangkan misi SEO adalah mengorganisir informasi dari klien untuk membuatnya dapat di akses oleh robot dan menghasilkan uang.
4. Rand Fishkin
Pengertian SEO menurut Rand Fishkin adalah kombinasi dari teknik, taktik, dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, seperti:
- Kemudahan penggunaan (friendly).
- Fokus pada konten (artikel).
- Penargetan audiens, pengembangan situs, dan desain
- Penelitian tentang kata kunci (keyword), link building.
- dan segala macam elemen online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.
5. QuadsZilla (Aktifis SEO Black Hat dunia)
Pengertian QuadsZilla penganut Web Spam SEO adalah ketika seseorang mencoba untuk melakukan kecurangan dan mengambil jalan pintas sehingga situs /website mereka akan tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian (menurut ranking) daripada yang sepantasnya mereka terima.
Kesimpulan
Dari penjelasan ke lima orang tersebut, tentu pendapat dan penjelasan yang diberikan berbeda. Bahkan, menurut saya sebagai pemilik blog ini pun, mampu dan bisa menjelaskan definisi SEO itu apa. Bahkan, sekali pun anda.
Penjelasan yang diutarakan mungkin berbeda-beda, tapi tujuannya tetap satu, agar berhasil berada di halaman pertama SERP mesin pencari.
Menurut Matt Cutts, Head of Webmaster Google Spam, bahwa pengertian SEO yang dianut oleh Quadszilla adalah salah dan lebih memilih pengertian SEO menurut Google, yakni di dalam dokumen resmi yang telah dipublikasikan oleh Google, “Google, Search Engine Optimization Starter Guide”, isinya sebagai berikut:
SEO adalah seringkali tentang melakukan sedikit modifikasi ke bagian dari situs web anda. Ketika kita melihat secara individual perubahan-perubahan ini mungkin tampak seperti perbaikan incremental, tetapi ketika dikombinasikan dengan optimasi lain, seo akan memiliki dampak yang nyata pada pengalaman pengguna atau situs dan mendongkrak kinerja situs anda di organic search (Started Guide Pdf).
B. Cara Kerja SEO
- Crawling Crawling
- Proses Pengindeksan(Indexing)
a.
SEO on page
SEO on page adalah segala bentuk teknik optimasi mesin
pencari yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud. Adapun cara
optimasi SEO on page yang baik dan benar adalah. Gambar 3.8 halaman artikel
atau berita pada website.
1) Optimasi SEO on page pada URL. URL
yang baik itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.
Contohnya: http://www.justicia.com/buku/komik/onepiece-episode-56.html Jadi
setiap bagian dengan jelas berisikan kata kunci yang jelas. Sayangnya masih
banyak orang yang menyia-nyiakan URL dan membuat URL yang tidak jelas seperti
di bawah ini. http://www.contohsaja.com/t95673465/name.php?id=3232789q28a988
URL seperti di atas tidak mengandung kata kunci, dan benar-benar menyia-nyiakan
satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage. Direktorat Pembinaan
SMK(2013) 69 Pemasaran Online l
2) Optimasi SEO on page pada domain.
Untuk domain, jika memang Anda gunakan sebagai kata kunci maka disarankan tanpa
menggunakan tanda pemisah seperti "-". Misal kata kunci yang ingin
dioptimasi adalah "tutorial toko online" maka akan lebih baik membuat
domain "http://tutorialtokoonline.com" daripada
"http://tutorial-toko-online.com".
3) Optimasi SEO on page pada judul halaman (title
page). Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung kata kunci yang anda
targetkan, karena bagaimana pun haruslah berisi kata terpenting pada halaman
tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik Dynamic Heading, di
mana para pembuat blog atau web berupaya agar halaman artikel menampilkan judul
artikel sebagai judul halaman. Poin dari sangat besar di dalam teknik on
page halaman web. Pada contoh gambar 3.8, yang dioptimasi adalah halaman
artikel, yaitu halaman yang membahas "chocolate donuts", bukan
halaman utama (homepage) yaitu "Mary's Bakery" sehingga judul halaman
(page title) pun menjadi "Judul Artikel | Judul berita".
4) Optimasi SEO on page dengan meta
description. Meta description yang baik adalah berbeda-beda pada setiap artikel
karena masing-masing artikel memilik topik sendiri. Meta description ini harus
memperhatikan beberapa hal, yaitu. a) Panjangnya maksimal 150 karakter. b)
Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali. c) Tentu saja mengandung kata
kunci tertarget di bagian-bagian awal.
5) Optimasi SEO on page pada tag
judul(title tag) Bagian ini berada pada , dan kodenya adalah: Yang terpenting
adalah apa saja yang dapat Anda isikan pada tag judul ini. Harap hati-hati
dalam mengisi tag judul, karena banyak praktisi SEO yang menganggap bahwa tag judul
adalah atribut on page yang terpenting. Ibaratnya atribut kerajaan, maka ini
adalah mahkotanya. Cara terbaik mengisi tag judul adalah dengan menggunakan
kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu Anda ketahui
bahwa semakin di depan, kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi. Jadi
sebaiknya format dari isi tag judul adalah: a) Judul artikel saja, atau b)
Judul artikel - nama blog. Sebaiknya hindari struktur nama blog: judul artikel,
kecuali blog atau web Anda sudah punya reputasi yang sangat baik.
6) Optimasi SEO on page pada gambar.
Mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan yang lainnya belum dapat mengenali
gambar, maka cara terbaik memberitahu mesin pencari adalah apa isi dari gambar
tersebut. Caranya menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik on page,
karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang
paling relevan kepada pembacanya, 70 Direktorat Pembinaan SMK (2013) Pemasaran
Online l dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar. Jika melihat contoh
pada gambar 3.8 dengan kata kunci "chocolate donuts" maka disarankan
menyiapkan gambar dengan nama file "chocolate-donuts.jpg" dan
tentunya disertai atribut "title" dan "alt".
7) Optimasi SEO on page pada arikel atau berita
Dalam hal ini usahakan keywords density (kepadatan kata kunci) tidak kurang
dari 3%. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah meyebarkan kata kunci
tersebut dengan alami sehingga tetap enak dibaca pengunjung.
b. Seo Off Page
Bila pada on page Anda
memanfaatkan web atau blog sendiri, kini pada SEO Off Page Anda diharuskan
menjalin interaksi di luar web Anda. Misalnya dengan mencari backlink, entah
lewat bertukar link, banner, ataupun berkomentar di blog atau web orang lain. SEO
off page merupakan hal-hal yang dilakukan diluar halaman web pages demi
meningkatkan kinerja di mesin pencari berdasarkan target kata kunci yang
memiliki hubungan dengan konten. Beberapa contoh SEO off page adalah.
1)
Submit site map ke webmaster tools.
Google Webmaster Tools adalah alat yang disediakan oleh
Google untuk para Webmaster (pemilik website). Alat ini membantu agar website
atau blog Anda dapat terpantau dengan maksimal oleh Google, dan di sisi lain
memberi laporan yang mendetail tentang blog kepada Anda. Sangat dianjurkan
untuk mendaftarkan blog Anda pada Google Webmaster Tools. Hal ini dapat membuat
website Anda lebih cepat terindeks (setiap artikel baru dapat terindeks dalam
hitungan kurang dari satu menit). Tentunya ini akan sangat menguntungkan dalam
persaingan artikel, karena untuk topik yang lagi hangat, Google lebih
memprioritaskan yang lebih dulu terindeks.
2)
Ping Blog.
Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk
memberitahukan konten terbaru kepada mesin pencari. Sinyal XML-RPC akan dikirim
ke satu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa website atau blog
tertentu memiliki konten yang baru. “Dari berbagai sumber”, contoh:
http://pingomatic.com/ dan http://mypagerank.net/service_pingservice_index
3)
Backlink dari website atau blog lain.
Backlink adalah link
dari blog atau website lain ke blog atau website Anda. Sebuah backlink
diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan,
maka blog Anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine.
Sebagai contoh ilustrasi,
apabila dalam sebuah pemilihan, katakanlah pemilihan Calon Legislatif. Untuk
memilih seorang calon legislatif, yang pertama Anda lihat adalah track record
calon-calon legislatif tersebut, bagaimana dia bertingkah laku dalam masyarakat?
bagaimana dia berbicara? dan lain sebagainya.
Selain dari faktor calon-calon
legislatifnya sendiri, seringkali Anda juga melihat siapa yang mendukung
calon-calon legislatif tersebut. Semakin banyak dukungan (kadang Anda melihat
jumlah dukungan pada saat kampanye berlangsung) maka terkadang Anda terbawa
arus untuk ikut mendukung juga. Selain dari jumlah dukungan, seringkali Anda
juga melihat siapa yang mendukung. Tokoh masyarakat misalnya, semakin 72
Direktorat Pembinaan SMK (2013) Pemasaran Online l banyak tokoh masyarakat yang
mendukung, maka Anda juga akan lebih mempercayai calon-calon legislatif
tersebut.
Dalam konteks ini, mesin pencari
pun melihat backlink bukan hanya dari segi jumlah, namun dari segi kualitas
link tersebut. Semakin banyak Anda mendapatkan link dari website yang
berkualitas (trusted site) maka niscaya Anda akan semakin diprioritaskan oleh
mesin pencari.
Cara memilih Backlink
Dalam memilih website yang
nantinya akan kita letakkan Backlink disana perlu mempertimbangkan trafik dan
pagerank yang lebih baik dari web kita, karena jika lebih rendah justru akan
memberi pengaruh buruk pada web kita yang berujung pada SERP yang tidak baik.
Disamping itu dalam membuat backlink juga harus memperhatikan aturan SEO, agar
kita tidak dianggap melakukan Spamming, karena melakukan spamming tidak
dianjurkan dalam SEO dan tidak disukai oleh Google. Dapat jadi web kita malah
di kick oleh Google dan hilang dari index pencarian. Buatlah Backlink
secukupnya dan hindari menaruh backlink di website yang mengandung pornografi
dan menyimpang dari SARA.
Cara Membuat Backlink di Blog
atau Website Sebenarnya banyak metode untuk membuat Backlink di blog atau web
salah satunya sebagai berikut.
a)
Sosial Media
Caranya dengan share
sebuah link melalui sosial media seperti Facebook, Gplus, Twitter, Youtube dan
lain-lain. Dan perlu diingat jangan terlalu sering apalagi dalam jumlah yang
banyak, karena dapat dianggap SPAM dan justru berpengaruh buruk bagi teknik
SEO.
b)
Bertukar Link
Cara ini yang sering
dilakukan oleh para Blogger yaitu dengan bertukar Link. Blog kita mencantumkan
URL blog teman begitu juga sebaliknya supaya mendapatkan kunjungan balik dari
pemilik blog maupun visitor dari pemilik blog lain.
c)
Social Bookmarking
Cara melakukan social bookmarking yaitu dengan membuat
artikel di website social bookmarking dan menaruh link kita disana. Banyak
sekali website social bookmarking baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.
Contohnya: reddit.com, infogue.com, delicious.com, digg.com, twitter.com, dan
lain-lain. Direktorat Pembinaan SMK(2013) 73 Pemasaran Online l Gambar 3.9
Daftar Website pada Submit Start
d)
Blogwalking.
Blog Walking adalah sebuah metode membuat backlink dengan
cara mengunjungi blog yang mempunyai tingkat akses tinggi dan berkomentar
dipostingan dengan menaruh URL blog atau web kita disana. Cara ini adalah cara
yang paling mudah dan sering digunakan oleh para blogger.
e)
Website Submiting
Website submiting adalah metode membuat backlink dengan
melakukan submit web kita kedalam directory website yang menyediakan jasa Web
Submiting. Contohnya: IMTalk website submitter , Google , Yahoo, Submit start ,
Entireweb.
Untuk lebih lengkapnya silahkan DOWNLOAD disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar