A.
Media Sosial
Media sosial (sering disalahtuliskan sebagai sosial media) adalah
sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,
berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan
bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh
dunia.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah
kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan
teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated
content".[1]
Media
sosial merupakan sebuah media berbasis kecanggihan teknologi yang
diklasifikasikan dari berbagai bentuk, seperti majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging,
wiki, siniar,
foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan
menerapkan satu set teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial,
media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure),
Kaplan dan Haenlein menciptakan skema atau klasifikasi untuk berbagai jenis
media sosial (disampaikan dalam artikel Horizons Bisnis yang diterbitkan
sepanjang tahun 2010). Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial,
yang dapat dilihat sebagai berikut.[1]
Fungsi
media sosial untuk bisnis:
1.
Memperluas jaringan
2.
Meningkatkan popularitas produk
3.
Mendapatkan pelanggan baru
4.
Meningkatkan pengunjung website
dan peringkat search engine
Berikut
ini dapat dilihat ciri-ciri media sosial.[2]
1. Pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu
orang tetapi lebih luas jangkauannya. Contohnya pesan melalui SMS ataupun internet.
2. Pesan yang disampaikan bebas atau tanpa harus
melalui suatu Gatekeeper.
3. Pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat
dibanding media lainnya.
4. Penerima pesan yang menentukan waktu
interaksi.
B.
Perbedaan Website Biaya dengan Media Sosial
Website biasa hanya sarana untuk berbagi informasi dengan
pengunjung web tersebut
media sosial sarana komunikasi untuk berbagi dan berkomunikasi dengan teman media
media sosial sarana komunikasi untuk berbagi dan berkomunikasi dengan teman media
WEBSITE adalah
sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga
bisa diakses di seluruh dunia selama
terkoneksi dengan jaringan internet.
MEDIA SOSIAL adalah
sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,
berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan
dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial
yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Perbedaan Website dan Media Sosial
WEBSITE
|
MEDIA SOSOAL
|
Informasi
yang disampaikan focus pada topik tertentu
|
Informasi
dalam satu akun dapat bermacam-macam
|
Pengetahuan
website dibutuhkan untuk membuatnya
|
Mudah
dibuat,cukup memiliki e-mail dan media sosial
|
Memiliki
media berupa forum dan butuh admin webmaster
|
Dapat
membuat group dengan mudah dan siapapun dapat menjadi admin
|
Produk
ditawarkan melalui etalase virtual
|
Produk
dapat ditawarkan dalam halaman khusus ( fanpage)
|
Perlu
plugin atau code program untuk menambah fasilitas online chat
|
Sudah
terhubung onlaine dan dapat langsung onlaine chat
|
Mesin
pencari lokal
|
Mesin
pencari yang terhubung dengan jaringan dalam media sosial
|
Terdapat
pertemanan dimana berkumpulnya calon pelanggan
|
Dapat
dikunjungi siapa saja kapan saja tanpa adanya pertemanan
|
C.
Membuat Akun di Media Sosial
·
Cara Membuat Akun
Facebook (FB)
Untuk membuat
akun Facebook:
2.
Masukkan nama, email
atau nomor ponsel, kata sandi, tanggal lahir, dan jenis kelamin Anda.
·
Cara Membuat Akun
Instagram (IG)
Untuk membuat akun Instagram dari aplikasi:
Ø
Setelah
aplikasi terinstal, ketuk untuk membukanya.
Ø
Ketuk Daftar
dengan Email atau Nomor Telepon (Android) atau Buat Akun Baru (iPhone),
lalu masukkan alamat email atau nomor telepon (yang akan memerlukan kode
konfirmasi), lalu ketuk Berikutnya. Anda juga bisa mengetuk Login
dengan Facebook untuk mendaftar menggunakan akun Facebook.
Ø
Jika
Anda mendaftar dengan alamat email atau nomor telepon, buat nama pengguna dan kata sandi, lengkapi info profil Anda, lalu
ketuk Berikutnya. Jika Anda mendaftar menggunakan Facebook, Anda
akan diminta untuk login ke akun Facebook apabila Anda telah logout.
A. Macam-Macam Pemasaran Media Sosial
·
Facebook
·
Twiter
·
Pinterst
·
Linkedin
B. Pemasaran Menggunakan Media Sosial
1.
Facebook
A.
Viral Marketing
Pemasaran Viral (bahasa Inggris: Viral Marketing) adalah
strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang
menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada
masyarakat secara meluas dan berkembang. Pemasaran Viral
berkembang melalui jaringan internet, yang
menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak, seperti kerja sebuah virus
komputer.[1] Pemasaran Viral memerlukan koneksi
jaringan Internet dalam
penggunaannya.
ü
Fungsi viral
marketing
ü Saat
perusahaan mampu menghasilkan pesan pemasaran viral, maka akan memperoleh
awareness lebih besar serta bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
ü Apabila
anda ingin menjual sesuatu barang ketika barang tersebut memang sedang viral,
maka menjadi cara yang tepat sebab akan semakin banyak orang yang memperhatikan
barang tersebut dan keuntungan juga bisa diperoleh semakin cepat.
ü Strategi
pemasaran butuh kreativitas, sehingga cobalah untuk berkreasi supaya semakin
banyak orang yang sadar dengan pesan pemasaran yang anda jalankan. Jika semakin
kreatif, maka juga bisa lebih cepat terkenal sehingga strategi viral marketing
tidak boleh anda lupakan.
ü
Faktor pendukung viral marketing
1. Produknya berkarakter dan
memang diharapkan oleh konsumen, bukan produk yang mengada-ada, atau terlalu
absurd bagi konsumen, apalagi yang masih perdebatanal.
2. Harga produk bersaing dengan merek lain di toko atau di supermarket pada umumnya.
3. Program yang ditawarkan kepada konsumen bersifat sederhana dan simpel dimengerti.
4. Memdiberikan bonus minimal enam level, biar bisa mendapat bonus yang berarti.
5. Bonus bersifat residual, bukan spesialuntuk satu kali saja tapi berkelanjutan sesuai dengan penghasilan perusahaan penyelenggara program.
6. Tidak ada sasaran menjual atau sasaran point apapun, apalagi sasaran penjualan downline.
7. Tidak ada syarat jumlah downline ataupun jabatan downline.
8. Tidak ada syarat pembayaran kepersertaan, biaya pendaftaran, atau syarat iuran apapun.
9. Tidak ada diwajibkan ikut seminar atau petes tertentu dalam bentuk apapun.
2. Harga produk bersaing dengan merek lain di toko atau di supermarket pada umumnya.
3. Program yang ditawarkan kepada konsumen bersifat sederhana dan simpel dimengerti.
4. Memdiberikan bonus minimal enam level, biar bisa mendapat bonus yang berarti.
5. Bonus bersifat residual, bukan spesialuntuk satu kali saja tapi berkelanjutan sesuai dengan penghasilan perusahaan penyelenggara program.
6. Tidak ada sasaran menjual atau sasaran point apapun, apalagi sasaran penjualan downline.
7. Tidak ada syarat jumlah downline ataupun jabatan downline.
8. Tidak ada syarat pembayaran kepersertaan, biaya pendaftaran, atau syarat iuran apapun.
9. Tidak ada diwajibkan ikut seminar atau petes tertentu dalam bentuk apapun.
ü
Kelebihan viral marketing
ü
Konsumen bisa mengajak atau merefrensikan teman atau
kolega mereka untuk berbelanja.
ü
Perusahaan yang menggunakan program viral
marketing akan dibela oleh konsumennya. Hal ini dilakukan karena
konsumen sudah merasa menjadi bagian dari perusahaan tersebut.
ü
Viral marketing akan
menghemat biaya promosi Anda karena konsumenlah yang akan menjadi juru
promosinya. Strategi viral marketing tidak akan merugikan
konsumen karena konsumen merasa bahwa mereka bukanlah bagian dari
karyawan. Jadi Anda tak perlu merasa ada beban dan moral dalam menjalankannya.
ü
Tidak perlu melakukan edukasi pasar karena konsumen
sudah mengenal bisnis Anda
ü
Strategi viral marketing tidak akan
mengganggu strategi lain yang sudah Anda jalankan. Justru, viral
marketing akan melengkapi strategi pemasaran lainnya.
ü
Media viral marketing
a) Email
b) Blog
c) Jejaring Sosial
d) Video Viral
e) Video E-book
Tidak ada komentar:
Posting Komentar