Bisnis Menggunakan Media Sosial

A.    Media Sosial

Media sosial (sering disalahtuliskan sebagai sosial media) adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtualBlog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".[1]
Media sosial merupakan sebuah media berbasis kecanggihan teknologi yang diklasifikasikan dari berbagai bentuk, seperti majalah, forum internet, weblogblog sosial, microblogging, wiki, siniar, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure), Kaplan dan Haenlein menciptakan skema atau klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial (disampaikan dalam artikel Horizons Bisnis yang diterbitkan sepanjang tahun 2010). Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial, yang dapat dilihat sebagai berikut.[1]
Fungsi media sosial untuk bisnis:
1.          Memperluas jaringan
2.          Meningkatkan popularitas produk
3.           Mendapatkan pelanggan baru
4.           Meningkatkan pengunjung website dan peringkat search engine
5.           Menjaga hubungan baik dan kepuasan pelanggan[8]

Berikut ini dapat dilihat ciri-ciri media sosial.[2]
1.     Pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang tetapi lebih luas jangkauannya. Contohnya pesan melalui SMS ataupun internet.
2.     Pesan yang disampaikan bebas atau tanpa harus melalui suatu Gatekeeper.
3.     Pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibanding media lainnya.
4.     Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.


B.     Perbedaan Website Biaya dengan Media Sosial

Website biasa hanya sarana untuk berbagi informasi dengan pengunjung web tersebut
media sosial sarana komunikasi untuk berbagi dan berkomunikasi dengan teman media

WEBSITE adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama

terkoneksi dengan jaringan internet.
MEDIA SOSIAL adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

 
    Perbedaan Website dan Media Sosial

           
WEBSITE
MEDIA SOSOAL
  Informasi yang disampaikan focus pada topik tertentu
  Informasi dalam satu akun dapat bermacam-macam
  Pengetahuan website dibutuhkan untuk membuatnya
  Mudah dibuat,cukup memiliki e-mail dan media sosial
  Memiliki media berupa forum dan butuh admin webmaster
  Dapat membuat group dengan mudah dan siapapun dapat menjadi admin
  Produk ditawarkan melalui etalase virtual
  Produk dapat ditawarkan dalam halaman khusus ( fanpage)
  Perlu plugin atau code program untuk menambah fasilitas online chat
  Sudah  terhubung onlaine dan dapat langsung onlaine chat
  Mesin pencari lokal
  Mesin pencari yang terhubung dengan jaringan dalam media sosial
  Terdapat pertemanan dimana berkumpulnya calon pelanggan
  Dapat dikunjungi siapa saja kapan saja tanpa adanya pertemanan


C.    Membuat Akun di Media Sosial

·         Cara Membuat Akun Facebook (FB)
 Untuk membuat akun Facebook:
1.          Buka www.facebook.com/r.php.
2.          Masukkan nama, email atau nomor ponsel, kata sandi, tanggal lahir, dan jenis kelamin Anda.
3.          Klik Daftar.
4.          Untuk menyelesaikan pembuatan akun, Anda harus mengonfirmasi email atau nomor ponsel Anda.



·         Cara Membuat Akun Instagram (IG)
Untuk membuat akun Instagram dari aplikasi:
Ø  Unduh aplikasi Instagram dari App Store (iPhone) atau Google Play Store (Android).
Ø  Setelah aplikasi terinstal, ketuk  untuk membukanya.
Ø  Ketuk Daftar dengan Email atau Nomor Telepon (Android) atau Buat Akun Baru (iPhone), lalu masukkan alamat email atau nomor telepon (yang akan memerlukan kode konfirmasi), lalu ketuk Berikutnya. Anda juga bisa mengetuk Login dengan Facebook untuk mendaftar menggunakan akun Facebook.
Ø  Jika Anda mendaftar dengan alamat email atau nomor telepon, buat nama pengguna dan kata sandi, lengkapi info profil Anda, lalu ketuk Berikutnya. Jika Anda mendaftar menggunakan Facebook, Anda akan diminta untuk login ke akun Facebook apabila Anda telah logout.


A.    Macam-Macam Pemasaran Media Sosial
·         Facebook
·         Twiter
·         Pinterst
·         Linkedin






B.     Pemasaran Menggunakan Media Sosial
1.      Facebook




A.    Viral Marketing
Pemasaran Viral (bahasa InggrisViral Marketing) adalah strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang. Pemasaran Viral berkembang melalui jaringan internet, yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak, seperti kerja sebuah virus komputer.[1] Pemasaran Viral memerlukan koneksi jaringan Internet dalam penggunaannya.

ü  Fungsi  viral marketing
ü  Saat perusahaan mampu menghasilkan pesan pemasaran viral, maka akan memperoleh awareness lebih besar serta bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
ü  Apabila anda ingin menjual sesuatu barang ketika barang tersebut memang sedang viral, maka menjadi cara yang tepat sebab akan semakin banyak orang yang memperhatikan barang tersebut dan keuntungan juga bisa diperoleh semakin cepat.
ü  Strategi pemasaran butuh kreativitas, sehingga cobalah untuk berkreasi supaya semakin banyak orang yang sadar dengan pesan pemasaran yang anda jalankan. Jika semakin kreatif, maka juga bisa lebih cepat terkenal sehingga strategi viral marketing tidak boleh anda lupakan.



ü  Faktor pendukung viral marketing
1.      Produknya berkarakter dan memang diharapkan oleh konsumen, bukan produk yang mengada-ada, atau terlalu absurd bagi konsumen, apalagi yang masih perdebatanal.
2. Harga produk bersaing dengan merek lain di toko atau di supermarket pada umumnya.
3. Program yang ditawarkan kepada konsumen bersifat sederhana dan simpel dimengerti.
4. Memdiberikan bonus minimal enam level, biar bisa mendapat bonus yang berarti.
5. Bonus bersifat residual, bukan spesialuntuk satu kali saja tapi berkelanjutan sesuai dengan penghasilan perusahaan penyelenggara program.
6. Tidak ada sasaran menjual atau sasaran point apapun, apalagi sasaran penjualan downline.
7. Tidak ada syarat jumlah downline ataupun jabatan downline.
8. Tidak ada syarat pembayaran kepersertaan, biaya pendaftaran, atau syarat iuran apapun.
9. Tidak ada diwajibkan ikut seminar atau petes tertentu dalam bentuk apapun.

ü  Kelebihan viral marketing
ü  Konsumen bisa mengajak atau merefrensikan teman atau kolega mereka untuk berbelanja.
ü  Perusahaan yang menggunakan program viral marketing akan dibela oleh konsumennya. Hal ini dilakukan karena konsumen sudah merasa menjadi bagian dari perusahaan tersebut.
ü  Viral marketing akan menghemat biaya promosi Anda karena konsumenlah yang akan menjadi juru promosinya. Strategi viral marketing tidak akan merugikan konsumen karena konsumen merasa bahwa mereka  bukanlah bagian dari karyawan. Jadi Anda tak perlu merasa ada beban dan moral dalam menjalankannya.
ü  Tidak perlu melakukan edukasi pasar karena konsumen sudah mengenal bisnis Anda
ü  Strategi viral marketing tidak akan mengganggu strategi lain yang sudah Anda jalankan. Justru, viral marketing akan melengkapi strategi pemasaran lainnya.

ü  Media viral marketing
a)      Email
b)      Blog
c)      Jejaring Sosial
d)     Video Viral
e)      Video E-book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titik Nol Km Yogyakarta Wisata Unik, Manarik dan Murah di Yogyakarta

Holla Guys!! Selamat pagi semua.... Gimana Kabar kalian?? Semoga baik-baik saja yaa.... Disini aku mau ngasih tau tentang wisata yan...